Pengertian Mail
Merge, Fungsi, Kegunaan, Manfaat & Contohnya
Mail Merge kerap disebut dengan Surat massal. Alasan
mengapa disebut dengan demikian, sebab Mail Merge merupakan surat yang isinya
sama dan dapat dikirimkan ke banyak orang atau dapat dikatakan mengirim ke
tujuan yang beragam.
Sebagai salah satu fasilitas atau
sofware (perangkat lunak) yang terdapat dalam Microsoft Word ini berperan dan
berfungsi untuk menangani masalah surat menyurat.
Misalnya saja untuk pembuatan surat
undangan, surat tagihan, surat promosi penjualan dan macam-macam jenis
pembuatan dokumen lainnya, yang dapat dikirim ke beberapa penerima atau ke
suatu tujuan.
Kelebihan pengguna mail merge ialah
dapat memudahkan sipembuat surat atau dokumen sebab hanya dengan membuat 1
jenis surat atau dokumen saja yang dapat dikirim ke beberapa penerima yang
berbeda.
Diketahui Mail Merge juga memiliki
keunggulan sebab dapat menangani pembuatan empat macam dokumen misalnya Label
Surat (Maling label), Surat (Letter), Direktori (Directories) dan Amplop
(Envelope). Selain itu terdapat hal Penting yang ada dalam suatu mail merge
yang perlu untuk diperhatikan seperti:
1. Main Document
Main Document atau Dokumen Utama yang tidak berubah atau
tetap dari surat yang dibuat. Pada saat diketik atau informasi lain pada
dokumen utama, maka akan dijadikan format dasar dari surat yang akan dikirimkan
2. Data Source
Data Source atau Sumber data sebagai data tujuan
yang akan di merge kan di dokumen utama. Data Source berasal dari, Microsoft Office Outlook
Contact List, Microsoft Office Access Database tables, Microsoft Office Word
Tables dan Microsoft Office Excel Worksheets.
Pengertian
Mail Merge: Apa itu?
Yang dimaksud dengan Mail Merge
adalah perangkat lunak (sofware) yang menggambarkan fungsi produksi (angka dan
berpotensi besar) beberapa dokumen dari satu template yang bentuk dan
terstruktur sumber data.
Diketahui Mail Merge dapat membuat
data field pada surat, label dan amplop sehingga dapat terisi secara otomatis
berdasarkan dengan record data sumbernya.
Fungsi Mail Marge
Adapun fungsi dari Mail Merge
antara lain:
§ Fungsi dari Mail
Marge adalah membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama
§ Selain itu dengan
adanya Mail Marge dapat mengirim ke penerima yang berbeda secara cepat dan
mudah.
§ Apalagi jika ada
banyak yang ingin dikirimkan, maka sofware ini dapat sangat membantu sebab
inilah fungsinya.
§ Mail merge juga dapat
dipakai untuk membuat sertifikat, label, dan amplop.
Kegunaan & Manfaat Mail
Merge
Kegunaan dan manfaat ini sangatlah banyak,
apalagi anda yang berkerja dalam suatu perusahaan atau instansi dan merupakan
sekretaris atau yang mengurus masalah administrasi, seperti surat undangan,
informasi dan sertifikat.
Maka Mail Marge adalah salah satu yang
dapat membantu untuk meyelesaikan pekerjaan tersebut dengan secepat kilat.
Contohnya saja saat perusahaan atau
instansi sedang menggelar suatu acara, seminar, dialog atau pelatihan apapun
itu, maka tamu yang diundang sedikit, tentunya kita dapat membuat undangannya
satu persatu,
Namun ketika terdapat tamu undangan yang
ingin diundang itu memiliki jumlahnya sampai mencapai ribuan orang. Maka
tentunya jika tidak menggunakan Mail Merge akan kewalahan sampai lembur tak
gajian.
Sehingga dalam menyelesaikan hal itu, maka
Aplikasi Mail Marge adalah solusinya. Sebab dengan Mail Merge hanya dengan
membuat satu dokumen utama yang berisi kalimat-kalimat pengantar dan sumber
data yang berisi rumus-rumus perhitungan.
Inilah peran utama dari mail merge. Selain
digunakan untuk membuat undangan atau sertifikat. Mail merge juga dapat dipakai
untuk membuat:
§ Surat
Pemberitahuan
§ Surat Undangan Rapat
§ Surat Penawaran Barang
§ Sertifikat
§ Membuat Surat Bisnis
§ Proposal
§ Surat Keterangan
Dalam Bidang Pendidikan dan lain-lain.
Contoh pembuatan mail
merge
1. hal pertama yang di
siapkan adalah data nama perusahaan seperti di bawah ini
2.
kemudian kita proses mail merge pada surat yang ada microsoft word, dan hasil
nya seperti ini
a.
penerima halaman surat 1
b. Penerima
surat 2
c.
proses selanjutnya sampe surat ke 4 atau surat terakhir
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Mail Merge, Fungsi, Kegunaan & Manfaatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar