Kamis, 21 Oktober 2021

MEDIA SOSIAL DAN BISNIS

 

A. SEJARAH PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL


Sejarah dan perkembangan media sosial dapat dilihat sebagai berikut.

  • Tahun 1978, merupakan awal ditemukan sistem papan buletin, awal dimungkinkannya seseorang untuk dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain menggunakan surat elektronik, atau mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, yang semua itu dilakukan menggunakan saluran telepon yang terhubung modem.
  • Tahun 1995, ditemukan GeoCities, situs ini merupakan Web Hosting, yaitu layanan penyewaan untuk penyimpanan data situs web agar bisa diakses dari mana saja dan temuan ini menjadi tonggak berdirinya situs-situs web lain.
  • Tahun 1997, ditemukan situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 telah ditemukan situs Classmates.com yang juga merupakan jejaring sosial. Namun, Sixdegree.com dianggap lebih "menawarkan" sebuah situs jejaring sosial dibanding Classmates.com.
  • Tahun 1999, ditemukan situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. Situs ini "menawarkan" kepada penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri, sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun, termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah, dan dapat dikatakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah media sosial.
  • Tahun 2002, ditemukannya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan media sosial menjadi fenomenal.
  • Tahun 2003, berdiri LinkedIn, yang tidak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga dapat digunakan untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi media Sosial makin berkembang.
  • Tahun 2003, berdiri MySpace, yang "menawarkan" kemudahan dalam menggunakannya, sehingga MySpace dapat dikatakan sebagai situs jejaring sosial yang "user friendly".
  • Tahun 2004, ditemukan Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga kini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • Tahun 2006, ditemukan Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini dan dibatasi 140 karakter.
  • Tahun 2010, ditemukan Instagram, situs jejaring sosial yang penggunanya dimungkinkan untuk membagikan foto, video, informasi, dan berbagai tulisan/artikel dengan mudah, awalnya hanya untuk pengguna iOS, tetapi sejak 2012 juga dimanfaatkan oleh pengguna Android.
  • Tahun 2011, ditemukan LINE, situs jejaring sosial yang penggunanya dapat berbagi foto, video, dan percakapan dengan pengguna lain.
  • Tahun 2011, ditemukan Google+, yang diluncurkan oleh Google, yang pada awal peluncuran Google+ hanya sebatas pada orang yang telah diundang oleh Google. Setelah itu Google+ diluncurkan secara umum.

Pesatnya perkembangan media sosial masa kini disebabkan oleh semua orang yang merasa seperti bisa "memiliki" media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial digital. Seorang pengguna bisa mengakses media sosial dengan fasilitas jaringan internet yang lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal, dan dilakukan sendiri tanpa memerlukan karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, dan memodifikasi (baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya).


Media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa yang saling membagi ide, bekerja sama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan seseorang sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan media sosial berkembang pesat. Tidak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.


Perkembangan media sosial sungguh pesat, bisa dilihat dari banyaknya jumlah anggota yang dimiliki masing-masing situs jejaring sosial.[6] Berikut tabel jumlah anggota dari masing-masing situs per Agustus 2017.


B. MEDIA SOSIAL DAN PELUANG BISNIS


Dengan kondisi masyarakat Indonesia memang merupakan masyarakat yang aktif di jejaring sosial, maka menjadi wajib bagi pemilik bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing,

Website dan media sosial adalah dua hal yang selalu berhubungan dalam meningkatkan kesuksesan dalam bisnis online, keduanya tidak dapat dipisahkan. Bersamaan dengan itu, kita pun harus memiliki strategi komunikasi yang tepat agar potensi pasar dalam memasarkan bisnis online di jejaring sosial ini bisa tergarap dengan efektif dan efisien.

Saat ini kebanyakan orang mengira platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram itu hanya sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Akan tetapi, yang sebenarnya fungsi media sosial telah menjadi semakin luas untuk semua jenis bisnis. 

Berikut disarikan beberapa fungsi Media Sosial yang bisa memberikan manfaat untuk Bisnis, yaitu:
  1. Mengembangkan bisnis.
  2. Memperluas jaringan.
  3. Meningkatkan popularitas produk.
  4. Mendapatkan pelanggan baru.
  5. Meningkatkan traffic pengunjung Website dan eringkat Search Engine.
  6. Mmeberikan pengalaman bagi pelanggan.
  7. Menjaga hubungan baik dan kepuasan Pelanggan.
  8. Kecepatan dan kemudahan berbagi konten dan iklan.
  9. Memangun loyalitas dan relasi pelanggan.
  10. Sebagai Konten Geo Target.
  11. Mendapatkan informasi penting tentang kompetitor

C. APLIKASI MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS

Berikut media sosial yang sedang happening, atau banyak digunakan oleh para pebisnis, baik level startup, maupun pengusaha yang sudah mapan dalam menjalankan bisnisnya.

Google+
Google+ merupakan platform media sosial yang diciptakan oleh Google, sebagai salah satu bagian dari grup raksasa Google, sudah tentu postingan Anda akan muncul di dalam mesin pencari milik Google. Sedikit tips, jika ingin meraih audiens yang lebih luas, gunakan tagar (#) di setiap postingan yang dibuat.

Cara kerjanya, jika pengguna mencari sesuatu yang berkaitan dengan tagar yang diposting, maka mereka akan diarahkan menuju laman Anda. Menarik bukan?

Instagram
Instagram adalah tempat berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers kita di Instagram.

Platform ini memungkinkan kita memanjakan visual para penikmat konten dan pengikut kita melalui foto atau video yang dapat kita sinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan tersebut.


Linkedin
Linkedin utamanya digunakan oleh jaringan bisnis profesional, platform media sosial  ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tautan dan informasi kepada rekan profesionalnya.

Walaupun memang Linkedin termasuk susah untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun Linkedin sangat bagus jika kita ingin melebarkan sayap atau networking bisnis kita, karena platform ini memungkinkan kita untuk dapat mengenal para pebisnis lain yang berkecimpung dalam dunia usaha yang sama.


Twitter
Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog namun terbatas hanya 140 karakter. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

Kelebihan dari Twitter adalah Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat menautkan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Facebook
Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Optimalkan Facebook sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Facebook juga memungkinkan kita untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit buyar dengan hadirnya Facebook Ads.

Facebook ads merupakan solusi untuk Anda yang ingin mempromosikan tentang suatu produk atau jasa yang telah Anda buat, menyebarluaskan propaganda Anda, bahkan target berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lain dapat dengan mudah Anda masukkan ke dalam target marketing Facebook Ads Anda, hal ini untuk mencegah iklan yang Anda tayangkan salah sasaran.

Tumblr
Tumblr adalah sebuah platform media sosial  tempat berbagi segala sesuatu, mulai dari foto, tulisan, video, dan musik. Pengguna bisa membuat laman, memposting ulang blog atau karya milik orang lain ke dalam laman pribadi, pengguna dapat menggabungkan semua konten itu dengan konten miliknya sendiri. Youtube Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk/layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk/layanan tersebut.;;;

D. TANTANGAN MARKETING DI MASA DEPAN



Tantangan marketing dimasa depan memiliki banyak tantangan, terutama terkait dengan ketajaman dalam menciptakan ide – ide baru, pemanfaatan platform digital yang sesuai, serta kemampuan adaptasi dengan teknologi-teknologi baru. Taktik pemasaran konvensional yang masih berjalan tentu juga masih bisa bermanfaat bagi sebagian pelaku usaha dengan segmen pasar tertentu. Namun hal itu tentu tidak cukup sehingga perlu mulai memikirkan pemanfaatan jasa digital marketer untuk mempromosikan bisnisnya.

Digital Marketer harus piawai dan akrab dengan perkembangan teknologi. Teknologi seperti internet, handphone, media sosial, dan sistem manajemen customer service akan sangat memengaruhi cara perusahaan dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan. Lingkungan kerja juga berubah, dengan lebih banyak orang yang memiliki teknologi virtual, mengirim SMS di ponsel mereka, atau berkomunikasi melalui situs media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Pinterest, dan Twitter. Saat lanskap media berubah, uang yang dihabiskan di sebuah organisasi untuk berbagai jenis komunikasi dan teknologi juga akan berubah. Setelah perusahaan mengembangkan produk dan layanan bisnis, mereka juga harus menjelaskan nilai dan manfaat dari penawaran bisnis mereka kepada pelanggan dan calon pelanggan. 

Oleh karena itu, segala bentuk media pemasaran harus mampu menghadirkan inovasi-inovasi baru agar tetap relevan dengan zaman. Dengan ekspektasi konsumen yang tinggi dan penggunaan perangkat digital yang begitu pesat, pemasar saat ini akan dihadapkan pada sebuah tantangan baru dalam menyikapi hal tersebut. Digital Marketer juga harus memperhatikan hal – hal yang terkait dengan privasi dan keamanan konsumen, karena semakin banyak peraturan dan pedoman privasi data yang diterapkan oleh pemerintah, industri, dan berbagai organisasi keamanan di seluruh dunia. Hal tersebut tentu menjadi sangat penting bagi pemasar untuk memahami aturan ini serta mengikutinya dengan atau akan menghadapi hukuman dan denda yang berlaku.

Namun demikian, infrastruktur jaringan internet yang belum merata di seluruh Indonesia biasanya menjadi salah satu kendala bagi Marketer Digital untuk menembus pasar yang lebih luas dan merata. Tapi tentu semua akan terus berkembang seiring dengan waktu dan program – program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah, terutama yang terkait dengan pemerataan infrastruktur teknologi. Apalagi jika merujuk pada data dari GCI, bahwa Indonesia mencapai skor luar biasa dalam beberapa dimensi termasuk sistem hukum yang mengatur, investasi infrastruktur telekomunikasi yang kuat, serta tingginya persentase penduduk yang memiliki ponsel cerdas.

E. STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL


Langkah 1: Jalankan Audit Media Sosial

memulai dengan menganalisis apa yang berhasil untuk bisnis Anda di masa lalu. Kunjungi bagian analitik / wawasan dari akun media sosial Anda dan perhatikan karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang telah berfungsi, dan sebagainya.

Langkah 2: Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik

Mengadopsi filosofi SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) adalah cara ideal untuk menentukan tujuan dan metrik Anda.

Langkah 3: Teliti Target Audiens Anda

menentukan persona audiens yang mewakili ciri khas pengguna seperti industri mereka, penunjukan pekerjaan, preferensi konten, demografis, karakteristik psikografis, dll. Analisis pesaing juga akan membantu Anda memahami platform yang lebih disukai audiens Anda untuk menghabiskan waktu. Misalnya, jika pesaing memiliki pengikut yang signifikan di Facebook dibandingkan dengan platform lain, Anda dapat berasumsi bahwa audiens Anda lebih aktif di Facebook.

Langkah 4: Tentukan Strategi Konten

Strategi konten harus didasarkan pada tujuan dan target pasar Anda. Identifikasi tantangan utama audiens dan prospek Anda dan cari tahu bagaimana Anda dapat menyelesaikannya melalui konten Anda. Ini membentuk dasar untuk strategi konten Anda. Merumuskan kalender konten bisa menjadi ide terbaik untuk mengotomatiskan pengeposan media sosial Anda sehingga Anda tidak merasa terhalang secara kreatif dalam pengeposan setiap hari.

Langkah 5: Tentukan Strategi Media Sosial Berbayar

Jangkauan organik di sebagian besar saluran sosial arus utama semakin berkurang. Jika Anda telah menetapkan tujuan yang berani, Anda mungkin harus berinvestasi di iklan berbayar media sosial. Iklan media sosial membantu Anda mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, meningkatkan unduhan aplikasi, menghasilkan arahan, meningkatkan kesadaran dan keterlibatan, dan secara langsung menghasilkan penjualan melalui berbagai jenis iklan.

Langkah 6: Pantau, Ukur, dan Optimalkan

Memantau aktivitas media sosial Anda secara konstan. Lacak apa yang berhasil dan fokus untuk melakukan lebih dari itu. Hentikan aktivitas yang tidak berfungsi atau hanya membuang buang waktu. Sebagian besar pembelajaran media sosial berasal dari eksperimen, jadi jangan berkecil hati jika beberapa aktivitas tidak memberikan hasil apa pun. Anda harus terus memodifikasi pendekatan Anda sampai Anda mencapai titik yang tepat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPSS (FUNGSI & DASAR-DASAR )

  A. Pengertian SPSS SPSS  adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algorit...